Senin, 27 April 2009

cara memperoleh content

Cara Mudah Membuat dan Memperoleh Content


Pada dasarnya setiap content dari sebuah web merupakan hasil karya seseorang yang memiliki hak cipta, sehingga seorang yang akan menggunakan content tersebut haruslah sesuai dengan ketentuan yang telah dibuat oleh undang-undang hak cipta.


Khususnya dalam hal ini, seorang yang memiliki hak cipta dapat membuat kesepakatan kepada pengguna. Biasanya ada larangan untuk meniru, memperbanyak atau mendestribusikan karya tersebut. Kecuali dengan kesepakatan dan ketentuan yang telah dibuat. Biasa dengan peraturan yang adil (fair) menguntungkan kedua belah pihak, misal : Anda diperboleh-kan mengambil content kami dengan syarat tidak diperkenankan merubah content, dan juga diharuskan menuliskan sumber naskah serta nama pengarangnya. Atau sebuah content bisa diambil dengan syarat anda harus menampilkan reklame tentang web tersebut pada web anda.


Ada sebuah pepatah mengatakan content adalah raja. Maksudnya adalah sebuah web akan digemari karna konten yang ada di dalamnya, bukan karna hiasannya yang bagus atau tampilannya yang menarik. Tetapi semakin menarik sebuah content akan semakin banyak mendatangkan pengunjung. Semakin banyak fasilitas dan pelayanan sebuah web, juga akan menambah jumlah pengunjung serta trafficks sebuah web. Sebagai contoh adalah web musik, web video, web pertemanan, dll. Namun demikian content yang bagus saja belumlah cukup, harus ditambah dengan pemasaran yang baik. Hal ini akan dibicarakan nanti.


jenis content berdasarkan file

content adalah isi dari sebuah web atau blog, biasanya sebuah artikel atau catatan yang memiliki muatan informasi, bisa juga berupa file yang bisa di download secara langsung. misalnya : lagu, film, shofware, image, ebook, yang pada dasarnya adalah sebuah file yang mempunyai ekstensi yang berbeda-beda, sebagai contoh untuk file image biasa dengan jpg. bmp. gif. png. untuk file lagu biasa dengan mp3, untuk film biasa dengan file swf. flv. 3gp. avi. Untuk artikel biasa dengan file pdf. Untuk shofware biasa dengan ekstensi exe. kemudian untuk mempermudah download biasa sebuah file dikemas dalam file zip. sehingga untuk membukanya kita perlu klik kanan dan klik extract file.


Jenis web berdasarkan content.

Setiap web tentu mempunyai maksud untuk apa web itu di-buat? Pada dasarnya content adalah sebuah informasi yang menambah pengetahuan atau pengertian terhadap sesuatu. Namun bila diperinci lagi maka setiap content memiliki mak-sud sendiri, misal untuk menghibur, untuk pengetahuan, un-tuk promosi, dan lain sebagainya, sehingga sebuah web akan digolongkan sebagaimana apa isi web tersebut. Hal ini sering menjadi pertanyaan bila pemilik web login ke sebuah program affiliate, maka akan di tanyakan jenis apakah web anda? Kemudian disediakan pilihan : bisnis, foto, news, shofware, ebook, education, umum, tutorial, religious, dating, komunitas, dan lain sebagainya.


Bermacam jenis content :

content kreatif :

adalah content yang dibuat berdasarkan ide serta cara tersendiri, yang belum pernah ada di dalam internet, merupa-kan content yang memiliki peringkat tertinggi berdasarkan originalitasnya. misal : artikel yang dibuat sendiri, lagu yang dibuat sendiri, film yang dibuat sendiri, foto yang dibuat sendiri, gambar yang dibuat sendiri,dan bukan merupakan kopian dari sebuah content yang ada di media lain. Atau pernah ada di media lain, sehingga merupakan content yang benar-benar fresh and original.


Untuk membuat content ini, hal yang paling mudah adalah membuat diary atau sebuah pengalaman pribadi, seperti yang ada di dalam web personal.

Membuat tulisan sesuai keahlian anda juga merupakan cara yang paling mudah. Bagi orang yang gemar menulis, buatlah sebuah cerita pendek, puisi, bahkan novel atau sebuah buku. Bagi yang suka musik bisa mengarang sebuah lagu kemudian diupload ke internet. Bagi seorang yang suka gambar bisa buat gambar sendiri dengan corel atau photoshop kemudian pastikan gambar anda menarik banyak pihak, tapi bukan pornografis atau sebuah propaganda yang membangkitkan kebencian banyak pihak. Bagi yang punya camera bisa buat foto yang menarik dengan sedikit pengeditan dan berilah identifikasi foto tersebut dan sertakan banyak keterangan dalam foto itu sehingga anda mempunyai doble content, yaitu foto dan tulisan, hal ini akan berakibat bagus bagi web anda. Lakukan seperti itu untuk sebuah video atau gambar, sehingga content anda akan lebih berbobot.


content turunan :

adalah sebuah content yang dihasilkan dari sebuah content yang lain, tapi dengan beberapa perubahan atau rekontruksi.misal sebuah artikel ringkasan, sebuah gambar yang sudah dimodifikasi, alih bahasa, apakah membuat komentar atas content yang lain merupakan content kreatif atau content turunan ? Pada dasarnya content turunan adalah sebuah content yang dihasilkan dengan merujuk content yang lain, sehingga menjadi content yang baru. Hal ini lebih mudah untuk dibuat dari pada content yang kreatif sebab kita tinggal melakukan rekonstruksi atau renovasi sebuah content dalam bentuk yang lain.Sebuah cara yang sering digunakan para penulis dengan mengutip sebuah pendapat orang lain tentang satu hal. Juga merupakan cara yang lebih mudah untuk membuat sebuah artikel atau karya, misal aransemen baru, revisi editorial adalah merubah susunan bahasa, alih bahasa yaitu menerjemahkan dengan bahasa lain, dramatisasi adalah membuat drama dari sebuah content.


content akal bulus

alih sinonim adalah merubah suatu kata dengan persamaan kata yang lain, misal kata ‘suka’ diganti dengan katam ‘senang’. Alih paragraf adalah memindah letak paragraf satu dengan paragraf yang lain. Kedua cara yang terakhir ini adalah sebuah content turunan yang paling buruk, atau content akal bulus, apalagi bila tidak menyebutkan sumber atau referensinya, bisa dikatakan sebagai plagiat bila diakui sebagai karyanya.


content kopas :

adalah content tiruan tanpa mengadakan perubahan apapun. Yaitu dengan cara copy dan paste (kopas). content ini mempunyai peringkat yang paling rendah berdasarkan originalitasnya, bahkan bisa dikatakan sebagai plagiarisme bila karya tersebut diakui sebagai karya sendiri.


Sehingga untuk lebih aman dan etis dalam menggunakan cara ini, yaitu dengan menyebutkan nama pengarang dan juga sumber karya tersebut, atau memberikan jalan menuju sumber (traffick) tersebut dengan menambahkan signatur ke web sumber.


Cara ini adalah cara yang paling mudah dan nggak usah banyak fikir. Tapi dengan cara ini kita jadi tidak kreatif, bahkan boleh jadi kita akan menggunakan content yang sebenarnya kita tidak suka.


Banyak web menyediakan artikel gratis, dan boleh di ambil kapan saja, berapa saja, dengan beberapa syarat yang telah ditentukan. Kita juga bisa membuat artikel yang baru kemudian kita daftarkan artikel itu pada gudang artikel(article directory) sehingga artikel kita pun bisa dengan mudah dicopy oleh orang lain dan tersebar keseluruh dunia.


Bagi anda yang akan menggunakan teknik ini sebaiknya membaca ketentuan penggunaan (Link agreement), dimana setiap web memiliki ketentuan yang berbeda-beda.


Meskipun teknik kopas ini adalah teknik yang paling mudah untuk mendapatkan sebuah content, namun ada web yang harus menggunakan teknik ini, adalah bila web anda memuat tentang perundang-undangan atau sebuah peraturan yang resmi dalam satu Negara atau instansi, maka semua itu harus dituliskan scara persis dan tidak boleh ada modifikasi. Justru bila ada modifikasi, maka sadarlah bila anda sedang berbuat kesalahan. Juga sesuatu yang harus anda copy secara persis adalah : Terjamah kitab suci, hadist atau perkataan seorang nabi, kata-kata bijak atau kata-kata inspirasi, product description, panduan penggunaan sebuah alat atau mesin, panduan untuk menginstall sebuah program atau shofware, bahan – bahan memasak dan cara memasaknya, surat perjanjian, sebuah pengumuman, lirik sebuah lagu, dan masih banyak lagi yang lainnya, seperti web religious biasa membebaskan para pengunjung untuk menggadakan dan menyebarluaskan. Apakah anda akan membuat web model ini? Mudah bukan ?


Uni content

Yaitu membuat content dengan cara menggabungkan content yang satu dengan content yang lain dan ditambah keterangan atau kata sambung, sehingga membentuk content yang baru. Hal ini dilakukan karna dua alasan, pertama karna informasi yang sudah ada dirasa masih kurang, sehingga perlu di tambah, kedua ; untuk menambah kata kunci (lihat content kata kunci) dan juga link yang ada di dalam artikel.



Jual beli content


Yaitu kita membeli sebuah content, kemudian menjdadi hak milik kita. Hal ini dilakukan bila kita tidak ada masalah dalam hal keuangan dan kita adalah memang tidak ahli membuat content yang dimaksud, tapi kita hanya mempunyai ide serta gagasan semata. Misalnya kita tidak ahli dalam teknik code pemrograman, tetapi kita akan membuat sebuah aplikasi, maka cara ini adalah salah satunya. Atau kita tidak ahli dalam design grafis, maka kita bisa minta tolong orang yang ahli dengan harus mengeluarkan beberapa rupiah. Dalam dunia internet, banyak kita temukan web yang menjual artikel, yang baru dan dibuat oleh para ahli.


Bila anda memiliki keahlian tertentu, boleh jadi anda akan banyak dibutuhkan orang yang datang kepada anda untuk menukarnya dengan sejumlah uang. Misal seorang yang ahli bahasa inggris akan dibutuhkan untuk translate bahasa. Lalu apa keahlian anda?


tukar content

Yaitu kita tukar content kita dengan content orang lain, artinya kita boleh menggunakan content orang lain dan orang lain pun boleh menggunakan content kita sesuai dengan kesepakatan yang telah kita buat dengan orang tersebut. Hal ini bisa dilakukan bila kedua pemilik web tersebut memiliki hubungan yang erat, misal kita tukar content dengan content teman kita. Tetapi tentunya ada content yang tidak bisa ditukar, yaitu catatan harian (diary) atau tulisan tentang riwayat hidup, kecuali bila web anda memang memuat tentang profil seseorang.


content gratis

Yaitu sebuah content yang boleh diambil oleh siapa saja, dimana anda dapat memperoleh hak yang sama untuk dapat mendistribusikan, memperbanyak maupun memodifikasi. Hal ini sering disebut dengan GNU free document license (GFDL). Sehingga selain kita dapat mengkopi artikel tersebut, kita juga bisa mengedit artikel tersebut. Seperti yang ada dalam wikipedia dot org. Tapi mengapa logonya adalah kepala seekor kambing yang bertanduk ? Bisa anda persepsikan sendiri apa maksudnya ?


content Pilar

content pilar adalah content yang banyak mengundang perhatian publik, sehingga dengan content tersebut banyak orang ingin membacanya. content pilar juga mudah dicari lewat search engine, maupun lewat ebook gratis yang tersebar secara luas. content pilar banyak mengandung pelajaran dan manfaat yang bisa diambil sehingga banyak orang membutuhkannya. content pilar tidak bergantung pada waktu, sehingga akan tetap relevan sepanjang waktu. Sebagai contoh yang mudah adalah content yang berhubungan dengan teknis pembuatan sesuatu, tutorial progam, teori pembuatan web, teori penulisan artikel, template revolusioner, cerpen menarik, gambar lucu, gambar simbul, artikel religious, artikel bisnis internet online, artikel berburu dolar lewat internet, tentang salebritis, tentang berita politik dalam dan luar negri, berita terbaru, berita kontroversi, book reviews, artikel reviews, web reviews, dan masih banyak yang lainnya, intinya adalah content yang paing banyak mengundang pengunjung bahkan terus mendatangkan pengunjung untuk mengambil manfaatnya.


content kata kunci

Adalah content yang dibuat untuk mendukung sebuah web agar mudah terdeteksi oleh serch engine. Kita ketahui bahwa sebuah web bisa terkenal bila web tersebut memiliki kata kunci yang popular sehingga mudah ditemukan di dalam search engine ketika seseorang mengetikkan kata tersebut ke dalam bar search engine. Semakin populer kata kunci tersebut semakin banyak persaingan di dalamnya, dan semakin jauh kemungkinan web kita tercantum di dalamnya. Untuk keperluan ini kita perlu mempelajari SEO (Search Engine Optimasi), sehingga web kita bisa menjadi sepuluh besar (halaman pertama) dalam search engine dengan kata kunci tertentu. Sedangkan content kata kunci adalah salah satu upaya untuk mendukung supaya web kita berada di halaman pertama. content ini bisa berupa artikel, puisi, file, yang menggunakan kata kunci tersebut. Bila ada yang belum jelas mengenai hal ini, bisa anda melakukan survey ke dalam beberapa web, dengan mengetikkan kata – kata ke dalam bar search engine (berarti anda sedang mengetikkan sebuah kata kunci), kemudian perhatikan bagaimana web – web tersebut melakukan optimasi. Bahkan ada sebuah web yang membuat kata kunci yang ditulis secara acak dengan kata kunci yang lain dan diulang – ulang, sehingga membentuk seperti sebuah artikel. Tapi bukan artikel seperti biasa yang bisa dimengerti maksudnya, sebab bukan merupakan kumpulan kalimat – kalimat , melainkan adalah kumpulan kata kunci.


content Violent & porn

Adalah content yang dihindari baik secara teknis maupun secara moral, sebab selain content tersebut banyak mengandung virus computer yang dapat merusak kinerja computer, juga dapat merusak kesehatan anda, sebab content tersebut mengandung energi yang negative, sehingga akan menyedot energi positif anda. Sebagai contoh yang mudah adalah gambar porno, film porno, content yang mengandung kebencian, kekerasan, permusuhan, fitnah, dan lain sebagainya. Dengan membaca dan melihat content tersebut maka detak jantung anda akan semakin cepat. Sehingga otomatis seluruh organ tubuh anda bekerja lebih cepat dan tidak sehat. Selain itu juga anda telah memboroskan waktu dan uang anda untuk hal yang membahayakan kesehatan anda. To be continue on pdf file document.





Sumber dari situs : juffan’s new blogger tips and tricksdengan category :posting tips dengan judul : Cara Mudah Membuat dan Memperoleh Content

Label:


Komentar:

Posting Komentar

SIlahkan anda komentari beberapa layanan blob kami

Berlangganan Posting Komentar [Atom]





<< Beranda

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Berlangganan Postingan [Atom]