Kamis, 21 Mei 2009

Tips cara memotivasi menulis di blog

Tentunya semua sahabat blogger sudah tahu bahwa kegiatan blogging berbasis pada kebiasaan atau bahkan budaya menulis. Eksistensi sebuah blog di ‘dunia maya’, akan ditentukan oleh tingkat pemuthakhiran yang dilakukan terhadap blog bersangkutan. Hal ini, tentunya mensyaratkan kesinambungan kegiatan tulis-menulis artikel blog. Motivasi menulis, oleh sebab itu, menjadi salah satu hal yang patut diperhatikan bagi tujuan tersebut.

Oleh sebab itu, saya ingin berbagi beberapa tips yang mungkin dapat berguna bagi para sahabat blogger semua. Pada dasarnya, tips ini saya rangkumkan dari pengalaman saya sendiri selama menggeluti dunia blogging. Sebagiannya bahkan, adalah evaluasi saya terhadap kesalahan yang saya buat sendiri. Mudah-mudahan, tips ini bisa berguna, terutama bagi para sahabat blogger yang menemui persoalan dengan bagaimana membangun dan menjaga kesinambungan motivasi menulis untuk blognya masing-masing.

1. Memilih Tema Blog dengan Benar

Sebenarnya motivasi tersebut, menurut saya, bahkan sudah harus di dapatkan sejak pertama kali blog itu di buat. Pada saat itu, sahabat blogger sudah harus memutuskan tema utama dari blog sahabat. Mau bicara apa blog ini? Atau kalau boleh pakai istilah keren, apa isu sentral dari blog yang sahabat buat tersebut.

Lalu kenapa memilih tema blog akan turut menentukan motivasi menulis artikel blog ?

Karena tema tersebut kemudian akan menjadi sumber utama inspirasi menulis. Sadar atau tidak, setiap menulis artikel, sahabat blogger akan mempertimbangkan hubungan antara artikel yang akan ditulis dengan tema blog sahabat. Karena itu, sebaiknya sahabat memilih tema blog yang sesuai dengan keahlian dan keterampilan sahabat. Jangan tergoda untuk memilih tema-tema yang populer dengan kata kunci yang populer pula, tapi tidak sahabat kuasai. Sebab suatu ketika, sahabat akan kehilangan inspirasi menulis. Lebih lanjut, bahkan itu akan melemahkan motivasi untuk menulis artikel. Karena itu, pilihlah tema blog dengan benar.

2. Menulis Artikel Blog dengan Fokus, Singkat dan Padat

Adalah penting untuk memahami karakter pembaca blog kita. Berdasarkan amatan saya, para pembaca blog rata-rata adalah orang yang tidak punya waktu lama untuk membaca. Mereka mengharapkan mendapatkan informasi ringkas dan tepat sasaran, dalam tempo yang singkat. Bagi sahabat blogger, memahami karakter ini dapat memudahkan untuk mendapatkan motivasi menulis. Betapapun, inspirasi menulis adalah seperti mata air. Jangan terlalu boros memakainya. Gunakan dengan efektif dan efisiens.

Karena itu menulislah dengan fokus, ringkas dan padat. Tentukan tema artikel, dan fokus pada tema itu, jika hal tersebut terkait dengan tema lain, jangan tergoda untuk melebarkan pembahasan. Sebab, hal itu akan membuat pembahasan menjadi bias, dan membingungkan pembaca. Bagi para sahabat blogger sendiri, melebarkan bahasan akan membuat ia kehilangan beberapa ide tulisan sekaligus untuk satu postingan. Atau seperti menggunakan beberapa peluru untuk satu sasaran. Lalu bagaimana cara mengatasinya ? Coba tips yang ke tiga di bawah ini.

3. Membuat Bank Ide Artikel Blog

Terkait dengan tips kedua di atas, jika ada satu artikel blog sahabat yang rasa-rasanya akan melebar ke dalam pembahasan yang lain, segera buka file ketikan baru dan tuliskan hal itu sebagai ide yang baru pula. Lalu kembalilah pada fokus artikel yang pertama, dan rencanakan untuk membuat anchor-link dari artikel pertama tadi dengan artikel kedua yang belum di selesaikan itu. Dengan cara itu, sahabat blogger akan termotivasi untuk menuliskan segera artikel yang kedua. Nah bayangkan jika setiap artikel akhirnya akan berkaitan dengan tiga atau empat tema artikel lain, tentunya sahabat akan selalu termotivasi untuk melanjutkan artikel-artikelnya.

Artikel kedua yang belum diselesaikan tadi, dapat disimpan dulu dalam satu folder di komputer sahabat blogger. Bersmanya, dapat pula dikumpulkan semua yang terlintas sebagai ide tulisan yang menarik. Kumpulkan saja sebanyak-banyaknya, meskipun baru berupa judul dan beberapa kalimat saja. Cara seperti ini saya sebut sebagai ‘Bank Ide Artikel’. Dengan cara ini, sahabat blogger akan terbantu untuk menulis secara sinambung. Bahkan, bisa mengatur dan merencanakan semacam alur bagi artikel-artikel yang sahabat tulis di blog sahabat.

4. Mengundang Komentar Pembaca

Komentar pembaca jelas dapat pulang merangsang motivasi menulis. Apalagi jika tanggapan tersebut berupa pertanyaan, kritikan, atau bahkan bantahan. Sang pemilik blog akan termotifasi untuk memberikan jawaban, perbaikan dan argumentasi lanjutan yang tentunya dapat dilakukan dengan membuat artikel yang baru. Jika pada satu artikel pertanyaan yang diajukan pembaca ada lima, barangkali jawabannya harus ditulis dalam 3 artikel berbeda.

Inti sesungguhnya dari tips yang keempat ini, justru adalah, bagaimana menimbulkan rangsangan kepada pembaca untuk memberikan tanggapan. Salah satu hal yang dapat dilakukan menurut saya adalah: mengajukan pertanyaan kepada pembaca di akhir artikel yang sahabat blogger tulis. Tentu saja, kreatifitas sahabat blogger semua akan sangat dibutuhkan untuk menemukan cara-cara berbeda untuk mengundang tanggapan pembaca tersebut.

5. Memasang Widget yang Memotivasi

Memasang beberapa widget yang tepat dapat pula memberi motivasi untuk menulis. Salah satu yang saya sarankan adalah memasang widget Top post, sehingga sahabat dapat mengetahui tema apa yang paling disenangi pembaca blog sahabat. Di samping itu, bisa juga mencoba memasang widget Scribit, yang memberi peluang kepada pembaca untuk memesan tema yang ia inginkan.

Memasang widget Alexa dan Pagerank dapat pula memberi motivasi. Sepintas akan terlihat tidak berhubungan, namun jika dipikir, tidakkah jumlah kunjungan dapat ditingkatkan dengan artikel yang selalu baru? Dan semakin banyak artikel akan memungkinkan sahabat blogger membuat banyak anchor-link, yang dapat mendongkrak Pagerank Sahabat ?

6. Mengecek Halaman Hasil Pencarian Search Engine (SERP)

Sering-seringlah mengecek hasil pencarian mesin pencari untuk keyword (katakunci) yang sudah sahabat blogger targetkan. Search Engine Result Page atau SERP, akan memberi sahabat dorongan untuk menulis artikel blog lebih banyak, agar blog sahabat hadir di halaman pertama. Jika sudah hadir di halaman pertama pun, sahabat harus tetap menulis terus untuk mempertahankan hasil tersebut. Tentu saja, tergantung dengan kejelian sahabat blogger untuk menggunakan keyword (katakunci) targetannya pada artikel. Semakin banyak keyword bersangkutan digunakan, akan semakin besar kesempatan untuk hadir di halaman pertama. Tentu saja, ini bukan satu-satunya syarat, namun cukup bermanfaat untuk dicoba. Tapi jangan terlalu banyak, nanti artikelnya malah berisi keyword belaka, dan jadi gak enak dibaca.

7. Mengikuti Berbagai Kontes Blog

Nah, kalau yang ini, sudah pasti dengan mudah menimbulkan motivasi untuk menulis. Terutama untuk tujuan memperbesar kemungkinan menang pada kontes yang bersangkutan. Di sisi lain, hal ini sebenarnya juga menimbulkan inspirasi baru untuk menulis artikel sesuai dengan tema dan ketentuan yang ditetapkan oleh penyelenggara kontes atau kompetisi bersangkutan. Meski temanya bukan hal yang menjadi keahlian sahabat, ada baiknya untuk tetap ikut, sebab itu akan membuka peluang bagi sahabat untuk mengtahui hal-hal baru. Lagi pula, usaha sahabat untuk mengaitkan dan menghubungkan tema kontes dengan keterampilan dan keahlian sahabat blogger sendiri, akan menjadi ruang kreatif yang menantang.

Nah, demikian tips saya tentang memperoleh motivasi menulis artikel blog. Silahkan mencoba dan semoga bermanfaat. Jika sahabat blogger punya pandangan, pendapat, ingin mengkoreksi atau bahkan punya pandangan yang berbeda, atau ingin menambahkan, silahkan tuliskan di kotak komentar ya.

Terimakasih.

Artikel Kontes Blog 1 Tahun Hakimtea.com
7 Tips Mendapatkan Motivasi Menulis Artikel Blog
Penulis: Sandi Wara
URL: http://kelassandiwara.blogspot.com

Label:


Komentar:

Posting Komentar

SIlahkan anda komentari beberapa layanan blob kami

Berlangganan Posting Komentar [Atom]





<< Beranda

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Berlangganan Postingan [Atom]